ILP Center Building 2nd Floor Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu No. 39A Jakarta Selatan

Contractor Safety Management System (CSMS)

The Grand Palace Hotel, Yogyakarta, 09-10 Feb 2018

Rp 5.750.000 - Group
Rp 6.000.000 - Early Bird
Rp 6.500.000 - On The Spot
Rp 7.050.000 - Full Fare

Jumlah kecelakaan kerja di industri sebagian besar terjadi pada pekerja kontraktor di bandingkan dengan pegawai tetap pada perusahaan induknya. Hal ini tentu tidak bisa di biarkan terus menerus terjadi, karena walau bagaimanapun safety performance pada perusahaan kontraktor akan berakibat juga kepada safety performance di perusahaan induknya.

Ujung dari penyebab kecelakaan adalah lack of system yang tidak bisa sepenuhnya di bebankan kepada perusahaan kontraktor saja. Di samping memang keterbatasan SDM dan biaya pada kontraktor, keterbatasan pemahaman tentang cara membangun SMK3 menjadi problem utama dari kontraktor apalagi kontraktor yang masih terbilang kelas menengah ke bawah.

Dengan semakin terbukanya system outsourcing, perusahaan besar lebih banyak memberikan pekerjaannya kepada para kontrator dan kadang sistem pembentukan CSMS yang masih terbilang lemah. Secara ideal di mulai dari proses seleksi di purchasing, CSMS sudah harus menjadi tolok ukur seleksi. Kemudian di lanjutkan oleh bagian HSE yang harus sudah mempersiapkan sistem evaluasi dan pelaksanaan HSE system bagi kontraktor sehingga kecelakaan bisa di tekan sekecil mungkin. Juga bagi users yang berhubungan langsung dengan para kontraktor harus bisa ikut membangun safety management pada diri kontraktor.

Training ini membahas dari ke dua sisi, baik sebagai kontraktor bagaimana cara mempersiapkan diri dalam hal safety management system kepada perusahaan induk. Juga membahas dari sisi perusahaan induk yang terdiri dari pihak purchasing sebagai proses seleksi awal kontraktor, pihak HSE dan pihak user yang bekerja sama di lapangan dan melakukan evaluasi system. Menarik untuk di ikuti bagi semua lini kontraktor yang akan masuk ke perusahaan besar dunia, juga bagi perusahaan besar yang ingin mendevelop para kontraktor dalam hal safety management system sehingga bisa lebih maju.

Peserta

Kontraktor yang bekerja untuk perusahaan induk, HSE yang menangani kontraktor, purchasing yang menseleksi kontraktor, maintenance / users yang berhubungan dengan kontraktor.

Sasaran Pelatihan

  1. Memahami dasar dasar contractor safety management system (CSMS)
  2. Memahami struktur dan procedure CSMS
  3. Mengetahui tata cara membangun CSMS
  4. Memahami CSMS  dalam proses seleksi kontraktor
  5. Memahami pelaksanaan CSMS di lapangan
  6. Evaluasi safety performance dari kontraktor

Outline Materi

  1. Pengenalan contractor safety management system (CSMS)
  2. Pengenalan safety management system
  3. Struktur dari CSMS meliputi proses kualifikasi dan pelaksanaan
  4. Proses qualifikasi yang terdiri dari risk assessment, pre qualification dan selection
  5. Pelaksanaan CSMS di lapangan
  6. CSMS pre job activities
  7. CSMS work in progress
  8. CSMS evaluation
  9. Check list yang mendukung CSMS
  10. Contoh contoh CSMS

Facilitator

Ir. Dwi Handaya, MK3

Praktisi Industri berpengalaman lebih dari 20 tahun, baik di industri petrochemical, manufacturing, oil & gas, plantation, konsultasi dll. Mempunyai background pendidikan Teknik Kimia, Universitas Tirtayasa dan Magister K3, Universitas Indonesia, Jakarta. Menangani konsultasi dan training di berbagai perusahaan besar seperti BP, Cargill, Sinarmas group, Mayora, Indofood dan lain lain. Semenjak 2008 juga tercatat sebagai team instruktur EPCM Environmental Pollution Control Manager, sebagai salah satu program sertifikasi manager lingkungan, BPLHD Jawa Barat dan kementrian LH secara nasional.

Training-Contractor-Safety-Management-System-(CSMS)-yogya

Form Registrasi

* Required information.

Topik

Tanggal
Tipe
Nama*
Job Title
Perusahaan

Alamat Perusahaan

Email*
Telepon Mobile*
Telepon/Ext
Fax
Pesan
captcha